Contoh Iklan

Iklan Produk Kretek Rempah Cigarskruie_Bisnis CK_Tips Trik Usaha_Edukasi Bisnis

17 Pengertian Iklan Menurut Para Ahli

Iklan adalah ...., Tujuh Belas (17) Pengertian Iklan Menurut para Ahli

Iklan berasal dari bahasa Yunani, yang artinya adalah “menggiring orang pada gagasan”. Iklan merupakan salah satu bentuk promosi yang paling banyak digunakan perusahaan dalam mempromosikan produknya. Secara umum iklan dapat diartikan sebagai bentuk kegiatan dalam mengkomunikasikan, menarik perhatian dan membujuk sebagian atau seluruh masyarakat untuk mengambil tindakan dalam merespon ide, barang, atau jasa yang dipresentasikan. Pendapat lain, dikutip dari buku Periklanan menurut Tams, kata iklan yang berasal dari bahasa Melayu sebenarnya akar katanya dari bahasa Arab  الإِعْلَانُ  i'lan. Istilah iklan sendiri belum lama muncul dalam perbendaharaan kata bahasa Indonesia. Menurut sebuah sumber, istilah iklan pertama kali diperkenalkan pada tahun 1951 oleh Soedardjo Tjokrosiswono, seorang tokoh pers nasional, untuk mengganti istilah advertentei (Bahasa Belanda) dan advertising (Bahasa Inggris) agar sesuai dengan semangat penggunaan bahasa nasional Indonesia (Ibrahim, 2007: 127). Istilah advertising (periklanan) berasal dari kata latin abad pertengahan advertere, “mengarahkan perhatian kepada”. Istilah ini menggambarkan tipe atau bentuk pengumuman publik apa pun yang dimaksudkan untuk mempromosikan penjualan komoditas atau jasa spesifik, atau untuk menyebarkan sebuah pesan sosial atau politik (Danesi, 2011: 294).
17 Pengertian Iklan Menurut Para Ahli

Definisi/Pengertian Iklan Menurut Para Ahli


1. Pengertian Iklan menurut KBBI Kemdikbud

a. Iklan adalah berita pesanan untuk mendorong, membujuk khalayak ramai agar tertarik pada barang dan jasa yang ditawarkan
b. Iklan adalah pemberitahuan kepada khalayak mengenai barang atau jasa yang dijual, dipasang di dalam media massa (seperti surat kabar dan majalah) atau di tempat umum

2. Pengertian Iklan menurut Dewan Periklanan Indonesia/DPI (2007)

Iklan adalah pesan komunikasi pemasaran atau komunikasi publik tentang suatu produk yang disampaikan melalui suatu media, dibiayai oleh pemrakarsa yang dikenal, serta ditujukan kepada sebagian atau seluruh masyarakat.

3. Pengertian Iklan menurut Wikipedia

Iklan adalah segala bentuk pesan promosi benda seperti barang, jasa, tempat usaha, dan ide yang disampaikan melalui media dengan biaya sponsor dan ditunjukan kepada sebagian besar masyarakat.

4. Pengertian Iklan menurut Mustafa (1996) 

Iklan adalah segala bentuk penyajian dan promosi secara nonpribadi dari ide barang dan pelayanan yang dibayar oleh sponsor tertentu. Dengan adanya iklan, penjual menyampaikan berita kepada konsumen melalui media surat kabar, majalah, surat langsung atau melalui media lainnya

5. Pengertian Iklan menurut Lupiyoadi (2006) 

Iklan adalah salah satu bentuk dari komunikasi impersonal (impersonal communication) yang digunakan perusahan barang atau jasa.

6. Pengertian Iklan menurut Kotler  dan Keller (2003) yang dialihbahasakan oleh Benyamin Molan (2007)

Iklan adalah segala bentuk presentasi nonpribadi dan promosi gagasan, barang, atau jasa oleh sponsor tertentu yang harus dibayar. Dalam artian, iklan adalah semua bentuk presentasi nonpersonal yang dimaksudkan untuk mempromosikan gagasan, atau memberikan informasi tentang keunggulan dan keuntungan suatu produk yang dibiayai pihak sponsor tertentu.

7. Pengertian Iklan menurut Lee dan Johnson yang dialih bahasakan oleh Munandar dan Priatna (2007)

Iklan adalah  suatu komunikasi komersial dan nonkomersial tentang sebuah organisasi dan produk produknya yang ditransmisikan ke suatu khalayak target melalui media bersifat massal seperti televisi, radio, koran , majalah, direct mail (pengeposan langsung), reklame luar ruang, atau kendaraan umum.

8. Pengertian Iklan menurut Rendra Widiyatama (2007)

Iklan adalah bentuk kegiatan komunikasi nonpersonal yang disampaikan lewat media dengan membayar ruang yang dipakainya untuk menyampaikan pesan yang bersifat membujuk (persuasive) kepada konsumen oleh perusahaan, lembaga nonkomersial, maupun pribadi yang berkepentingan.

9. Pengertian Iklan menurut Arens dalam Junaedi (2013)

Iklan adalah struktur dan komposisi komunikasi informasi yang bersifat nonpersonal, umumnya dilakukan dengan berbayar yang dicirikan dengan persuasif, berisi tentang produk (barang, jasa, dan ide) yang diidentifikasikan sebagai sponsor melalui berbagai media.

10. Pengertian Iklan menurut Fandy Tjiptono (2005)

Iklan adalah bentuk komunikasi tidak langsung yang didasari pada informasi tentang keungulan atau keuntungan suatu produk, yang disusun sedemikian rupa sehingga menimbulkan rasa menyenangkan yang akan mengubah pikiran seseorang untuk melakukan pembelian.

11. Pengertian Iklan menurut Kasali (2007)

Iklan adalah pesan yang menawarkan suatu produk yang ditujukan kepada masyarakat lewat suatu media.

12. Pengertian Iklan menurut Rangkuti (2009)

Iklan adalah komunikasi non individu dengan sejumlah biaya, melalui berbagai media yang dilakukan oleh perusahaan, lembaga nirlaba serta individu.

13. Pengertian Iklan menurut Djaslim, Saladin (2010)

Iklan  adalah semua bentuk penyajian yang sifatnya nonpersonal, dan promosi ide-ide, promosi barang-barang atau jasa yang dibayar oleh sponsor.

14. Pengertian Iklan Menurut Menurut Ralph S. Alexander 

Iklan adalah setiap bentuk komunikasi nonpersonal mengenai suatu organisasi, produk, servis, atau ide yang dibayar oleh satu sponsor yang diketahui.

15. Pengertian Iklan Menurut Menurut O'Guinn, Allen dan Semenik

Iklan adalah suatu upaya untuk membujuk melalui media dengan membayar.

16. Pengertian Iklan Menurut Menurut Niken (2007)

Iklan adalah segala bentuk pesan tentang suatu produk yang disampaikan lewat
suatu media dan dibiayai oleh pemrakarsa yang dikenal serta ditujukan kepada sebagian
atau seluruh masyarakat.

17. Pengertian Iklan Menurut Menurut Liliweri (2011) 

Iklan adalah salah satu bentuk komunikasi yang bertujuan untuk mempersuasi para pendengar, pemirsa dan pembaca agar mereka memutuskan untuk melakukan tindakan tertentu.


0 Komentar

Posting Komentar